http://legiun75.blogspot.com/
Sebagai orang outdor, kata orang sunda mah
Uliner,,hee,Trail/Cross Tunggangan yang pas,,dan Kehadiran Ts ke NKRI yang
dimotori pabrikan Suzuki,,, disambut dipasaran,,1996 aku coba menjajal
kemampuaan susi Ts,, alhasil lumayan juga. Sektor kaki-kaki cukup handal sayang
Sektor kapasitas mesin jauh dari harapan sehingga perlu sedikikit usapan tangan
ulet,,hee,,he apalgi raungan suarnya,, perlu rombakan total,,dan sebagai
pecinta Ts,, kurang sempurna kalo kita ga tau sejarahnya,,,hee,,hee.
Sejarah Suzuki TS 125 Series
Model 1 :
Suzuki TS pertamakali diperkenalkan di pasar domestik
Jepang pada tahun 1970. bermesin 2 tak, dengan isi silinder 125 cc, mempunyai
tenaga maksimum 13 bhp, 5 percepatan dan knalpotnya masih dibawah menjulur ke
atas. Model ini lebih dikenal dengan nama Suzuki TS 125R atau TS Duster untuk
pasar Amerika dan TS 125 Code T untuk pasar domestik Jepang. Perbedaannya di
stripping grafis dan sepatbor depan, kalo model amriknya udah sepatbor nempel
di clamp, klo model jepangnya masih spatbor yang konvensional kaya’ motor laki
pd umumnya. TS 125 Model R dan T ini tahun produksinya adalah antara 1970 sd
1971.
Versi amerika
Versi jepangnya, spakbor depan ala honda CB
Spesipic suzuki TS generasi pertama
Overall Length: 2 050 mm (80.7 in)
Overall Width: 770 mm (30.3 in)
Overall Height: 1 100 mm (43.3 in)
Wheelbase: 1,310 mm (51.6 in)
Ground Clearance: 235 mm (9.25 in)
Dry Weight: 105 kg (231 lbs)
Engine type: Air-cooled aluminum 123 cc single cylinder, 2-stroke. 13 hp / 7,000 rpm, 9.8 ft-lbs/ 6,500 rpm.
Bore x Stroke: 56 x 50 mm
Compression Ratio: 6.7 :1
Transmission: 5-speed, chain
Tire Size: 2.75 x 19, 3.25 x 18
Top Speed: 65—70 mph
Overall Width: 770 mm (30.3 in)
Overall Height: 1 100 mm (43.3 in)
Wheelbase: 1,310 mm (51.6 in)
Ground Clearance: 235 mm (9.25 in)
Dry Weight: 105 kg (231 lbs)
Engine type: Air-cooled aluminum 123 cc single cylinder, 2-stroke. 13 hp / 7,000 rpm, 9.8 ft-lbs/ 6,500 rpm.
Bore x Stroke: 56 x 50 mm
Compression Ratio: 6.7 :1
Transmission: 5-speed, chain
Tire Size: 2.75 x 19, 3.25 x 18
Top Speed: 65—70 mph
Model 2 :
Di periode berikutnya, yaitu tahun 1972 sampai dengan 1976, tak banyak perubahan berarti dari varian induknya TS 125 Duster / code T… selain knalpot jg masih di kolong, perubahan minornya terletak pada tampilannya saja dan penambahan fitur seperti adjustable suspension, terjadi peningkatan juga pada kemampuan mesinnya..
lebih runutnya seperti ini :
1. tahun 1971 : TS 125 code R (duster) or Code T
2. tahun 1972 : TS 125 code J
3. tahun 1973 : TS 125 code K
4. tahun 1974 : TS 125 code L
5. tahun 1975 : TS 125 code M
6. tahun 1976 : TS 125 code A
untuk penampakannya cari di mbah gugel aja ye.. mirip2 sama yg di atas koq..
7. tahun 1977 : TS 125 code B / C
Suzuki mulai melakukan perubahan berarti pada seri TS model ini. Dikenal dengan nama varian Code B, perubahan minor mulai diterapkan. Knalpot model udang diaplikasikan, menggusur knalpot model kolong yg sering nyangkut waktu diajak off road, dengan spek mesin sama dengan TS code A. Varian ini bertahan hingga Code C. Perbedaan code A (atas) dengan B dan C adalah stripping nya saja. Varian inilah yg sempet masuk ke Indonesia. TS tahun baheula alias TS 1977. Tapi respons pasar Indonesia atas motor ini tidak terlalu menggembirakan. hanya pernah lihat beberapa kali saja di jakarta dengan kondisi orisinil dan sepertinya sudah lelah sekali setiap hari digunakan oleh pak tua semacam pak pos mungkin
Di periode berikutnya, yaitu tahun 1972 sampai dengan 1976, tak banyak perubahan berarti dari varian induknya TS 125 Duster / code T… selain knalpot jg masih di kolong, perubahan minornya terletak pada tampilannya saja dan penambahan fitur seperti adjustable suspension, terjadi peningkatan juga pada kemampuan mesinnya..
lebih runutnya seperti ini :
1. tahun 1971 : TS 125 code R (duster) or Code T
2. tahun 1972 : TS 125 code J
3. tahun 1973 : TS 125 code K
4. tahun 1974 : TS 125 code L
5. tahun 1975 : TS 125 code M
6. tahun 1976 : TS 125 code A
untuk penampakannya cari di mbah gugel aja ye.. mirip2 sama yg di atas koq..
7. tahun 1977 : TS 125 code B / C
Suzuki mulai melakukan perubahan berarti pada seri TS model ini. Dikenal dengan nama varian Code B, perubahan minor mulai diterapkan. Knalpot model udang diaplikasikan, menggusur knalpot model kolong yg sering nyangkut waktu diajak off road, dengan spek mesin sama dengan TS code A. Varian ini bertahan hingga Code C. Perbedaan code A (atas) dengan B dan C adalah stripping nya saja. Varian inilah yg sempet masuk ke Indonesia. TS tahun baheula alias TS 1977. Tapi respons pasar Indonesia atas motor ini tidak terlalu menggembirakan. hanya pernah lihat beberapa kali saja di jakarta dengan kondisi orisinil dan sepertinya sudah lelah sekali setiap hari digunakan oleh pak tua semacam pak pos mungkin
Model 3 :
Perubahan revolusioner mulai diterapkan di model berikutnya,, seiring dengan pesatnya perkembangan balap motocross dunia, teknologi balap mulai diterapkan oleh Suzuki ke varian ini. Dikenal dengan Kode TS 125ER (TS125 Code Z) berumur produksi dari tahun 1980 sd 1982, bisa dibilang teknologi kaki-kaki yang advance pada zamannya, sistem monoshock dengan linkage unitrak, desain katup buluh (reed valve) yang berbeda utk meningkatkan torsi. sebenarnya varian ini punya 6 percepatan. Masuk ke pasar Indonesia mulai tahun 1993 dan terus diproduksi hingga tahun 2005. walaupun modelnya jadul, tapi ketangguhannya diakui oleh off roader Indonesia. Mekanisme mesin yang sederhana, hanya bermodal air-cooled engine, membuatnya sangat tangguh dan reliable utk kontur tanah Indonesia. inilah versi terakhir TS di indonesia, entah kenapa suzuki tidak melanjutkan hegemoni mereka di pasar motor trail jaman itu
Perubahan revolusioner mulai diterapkan di model berikutnya,, seiring dengan pesatnya perkembangan balap motocross dunia, teknologi balap mulai diterapkan oleh Suzuki ke varian ini. Dikenal dengan Kode TS 125ER (TS125 Code Z) berumur produksi dari tahun 1980 sd 1982, bisa dibilang teknologi kaki-kaki yang advance pada zamannya, sistem monoshock dengan linkage unitrak, desain katup buluh (reed valve) yang berbeda utk meningkatkan torsi. sebenarnya varian ini punya 6 percepatan. Masuk ke pasar Indonesia mulai tahun 1993 dan terus diproduksi hingga tahun 2005. walaupun modelnya jadul, tapi ketangguhannya diakui oleh off roader Indonesia. Mekanisme mesin yang sederhana, hanya bermodal air-cooled engine, membuatnya sangat tangguh dan reliable utk kontur tanah Indonesia. inilah versi terakhir TS di indonesia, entah kenapa suzuki tidak melanjutkan hegemoni mereka di pasar motor trail jaman itu
The Evolution
of the Legend
New breed of the Legend kalo aku bilang, sementara di Indonesia mentok dengan model ER nya, di Jepang model ER malah hanya bertahan 3 tahun, sebelum rombakan total terjadi, bisa di bilang ini adalah era TS dengan mesin modern. Mesin berpendingin udara mulai ditinggalkan, digantikan dengan mesin pendingin air, perubahan total pada sistem porting silinder, karburator, dan lain – lain menjadikannya hampir dua kali lipat lebih bertenaga dibanding mesin spesifikasi Sebelumnya. Diberi nama oleh pabrikan Suzuki dengan nama Suzuki TS 125X, model pertama yg keluar di tahun 1984. Lebih ringan, lebih modern dan lebih reliable. Walaupun tetap mengusung mesin 125cc, tapi tenaga yg dikeluarkan mencapai 22 hp @9500 rpm.. bandingkan dengan generasi ER yang hanya 13 hp. Model pertama ini mengusung body yang udah cukup modern, tapi masih menggunakan rem depan teromol.
New breed of the Legend kalo aku bilang, sementara di Indonesia mentok dengan model ER nya, di Jepang model ER malah hanya bertahan 3 tahun, sebelum rombakan total terjadi, bisa di bilang ini adalah era TS dengan mesin modern. Mesin berpendingin udara mulai ditinggalkan, digantikan dengan mesin pendingin air, perubahan total pada sistem porting silinder, karburator, dan lain – lain menjadikannya hampir dua kali lipat lebih bertenaga dibanding mesin spesifikasi Sebelumnya. Diberi nama oleh pabrikan Suzuki dengan nama Suzuki TS 125X, model pertama yg keluar di tahun 1984. Lebih ringan, lebih modern dan lebih reliable. Walaupun tetap mengusung mesin 125cc, tapi tenaga yg dikeluarkan mencapai 22 hp @9500 rpm.. bandingkan dengan generasi ER yang hanya 13 hp. Model pertama ini mengusung body yang udah cukup modern, tapi masih menggunakan rem depan teromol.
Sayang sekali era suzuki TS bermesin modern dan
berpendingin cairan ini tidak pernah masuk ke indonesia padahal saat
itu era 2 tak masih jaya
Lalu 4 tahun kemudian tepatnya di 1988 versi
facelift dengan rem cakram dikeluarkan
Lalu 2 tahun lagi penyempurnaan kembali dilakukan ,
dengan pembaruan body dan cakram belakang
finally, di tahun 2000 suzuki TS harus lengser dari
line produksi pabrik karena isu lingkungan versi
terakhir suzuki TS dinamanya suzuki TSR, tidak ada perubahan dari generasi
sebelumnya, hanya penambahan suspensi upside down pada kaki depannya.
Coba persi terakhir masuk NKRI,, mungkin kita ga pda cape ngeburu acesoris tril,,,heeeee,,hee
Nb: Kalo ada yg salah Pm saja Maklum ane motornya Cuma pake persi NKRI,, yang lain Dari ngebaca ajah,,heeeee.
0 komentar:
Posting Komentar